Loading...
Tuesday, 19 Sep 2017

PUSAT KARIR

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
 

5 Hal Ini Membuat Kamu ‘Menonjol’ di LinkedIn

Berita Umum | 22 February 2017 17:35 wib
Kita semua tahu bahwa LinkedIn adalah media sosial untuk siapa saja yang ingin membangun persona yang baik dan profesional di mata kolega. Ketika ingin mempromosikan perusahaan atau mencari pekerjaan, maka Anda harus membuat profil LinkedIn pribadi tampak menonjol di antara kerumunan. Berikut lima cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas Anda di LinkedIn seperti dikutip dari Entrepreneur.com.
Memberi pengakuan atas keterampilan kolega pada jaringan LinkedIn
Ketika mengenal seseorang dan pernah bekerja bersama, maka Anda pasti mengetahui keterampilan dan keahlian yang dimilikinya. Anda bisa meng-endorse kolega yang ada pada jaringan LinkedIn. Dengan hanya menekan satu klik, Anda telah berbuat baik padanya.

Sementara itu, kolega Anda akan merasa senang dan melakukan hal serupa. Ketika banyak orang yang memberi pengakuan atas keahlian spesifik Anda, maka semakin baik. Profil LinkedIn Anda akan semakin menarik. Tingkat visibilitas Anda akan semakin tinggi di mata agen perekrutan yang sedang mencari orang dengan keterampilan khusus.

Meminta rekomendasi
Jangan sungkan untuk meminta rekomendasi dari kolega di LinkedIn. Pastikan Anda bertanya pada orang yang pernah bekerja sama dan yakin akan kemampuan Anda. Kebanyakan orang justru merasa senang saat diminta menjadi referral untuk seseorang yang memang bisa bekerja dengan baik. Ketika kolega Anda bersedia memberi rekomendasi, maka Anda bisa membalasnya dengan memberi pengakuan pada keahliannya juga.

Lengkapi ikhtisar profesional
Ikhtisar profesional adalah jendela dari akun LinkedIn Anda. Orang yang berkunjung ke akun Anda akan membaca ikhtisar terlebih dahulu. Anda harus memperkenalkan diri dengan menyebutkan pekerjaan, dan alasan Anda di LinkedIn. Pastikan ikhtisar dibuat singkat, tapi tetap terkesan manis. Seperti halnya seorang pemilik toko, Anda harus menjaga agar pengunjung tertarik melihat diri Anda lebih jauh.

Hubungkan dengan akun media sosial lainnya
Anda bisa menulis akun Twitter atau media sosial profesional lainnya pada data diri di LinkedIn. Anda ingin para follower terhubung dengan Anda di berbagai media sosial. Dengan begitu, visibilitas Anda akan semakin tinggi di mata orang asing yang belum mengenal Anda.

Menelusuri daftar “Orang yang Mungkin Anda Kenal”
LinkedIn punya daftar “Orang yang Mungkin Anda Kenal” khusus untuk Anda. Mereka menyuguhkan daftar tersebut berdasarkan koneksi antara beberapa orang, kesamaan karakteristik Anda dengan orang lain, kesamaan data sekolah dan kampus, dan sebagainya.

Telusuri daftar tersebut, lalu lihatlah siapa saja yang muncul. Siapa tahu kakak kelas di SMA kini sudah menjadi direktur di sebuah perusahaan impian Anda. Siapa tahu mantan kolega Anda bisa membuka peluang untuk pekerjaan yang Anda inginkan. Anda harus tetap terhubung dengan mereka. Sehingga Anda bisa membuka hubungan seluas-luasnya.

Intinya adalah Anda harus aktif menggunakan media sosial LinkedIn. Gunakan semua fitur LinkedIn yang memungkinkan Anda meningkatkan visibilitas. Sebab Anda tidak bisa membuat akun dan berharap orang lain mengulik profil Anda. Apalagi kalau laman LinkedIn Anda “polos”, tidak ada banyak keterangan, tidak ada update.
Link
Dilihat 95 kali Ditulis Oleh